Cerita dibalik Candi ratu Boko

Dibalik megahnya Jogja, pasti ada yang ngga salah ngomong nginget dan mandang sebagai kota yang istimewa. Dari depan belakang emang kota satu ini penuh banget sama mantra. Dari mulai mantra ketemu pacar idaman sampai mantra biar skripsi lancar. Aduh ini ngga salah ngomong kan ya ? Tapi emang gitu kehidupan di Jogja itu ibarat orang lagi dugem. Ngga inget sama sekali sama hal lain. Serasa udah jadi kota buat pulang.

Eh disini saya mau ceria eh disini saya mau kulineran eh mau fokus kuliah. Bensin belum diisi di motor aja ngga bakalan inget” tuh saking asiknya jalan jalan. Itu tu yang bikin ngga ada ceritanya kalau kota satu ini ngehidupin. Bangunan di jogja si hampir sama ya sama bangunan di kota-kota lainnya tapi disini ada yang inget ngga kalau jogja itu punya banyak sejarah ?

Pasti inget ngga inget nih kalian. Ada loh salah satu candi tempat wisatanya para pelancong domestik buat mengenal sejarah lebih baik. Namanya “candi ratu boko”. Candi ini emang kecil tapi latarnya behh luas. Menurut sejarawan asal luar kalau candi Ratu boko tu terkenal ngga terkenal. Soalnya ada yang pernah kesana ada juga yang belum.

Dibawah foto candinya 👇🏾

Bagus kan latar belakangnya

Pake bahasa jawa dulu ya saya. Nek arep dolan maring candi kue kudu nganggo kaos, clana pendek, sunscreen, kacamata. Mbok kesiloen. Nek uis kan gari mlaku-mlaku aja mlayu. Men biyen kui wong e sekti sekti atose ya ra lumrah bisa nggawe lantar kaya ngono.

Sedikit cerita ada yang tau kenapa ngga dinamakan dengan “candi Ratu Boko” ? Jadi menurut sejarah ini candi ratu boko dibangun di abad pertengahan sesudah candi prambanan muncul. dan ratu Boko itu siapa ? Sebenarnya nih ratu itu “nama” bukan gelar bukan juga astera. Ratu disini nama dari raja Mataram buat dipanggil dengan sebutan lain.

Melihat sedikit merpati muncul memakan jagung di lataran depan candi, saya dan teman seangkatan SMA dulu seneng banget motret motret halaman depan sebelum ambil tiket buat masuk ke dalem candi. Mungkin kalian tau nama-nama candi lain bisa comment dibawah. Terimakasiih !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: